PERAN MATA KULIAH ILMU TASAWUF DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MAHASISWA IAIN KEDIRI ANGKATAN 2016 JURUSAN PAI TAHUN AJARAN 2017/2018

ERVINA, ERVINA (2018) PERAN MATA KULIAH ILMU TASAWUF DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MAHASISWA IAIN KEDIRI ANGKATAN 2016 JURUSAN PAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103114_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932103114_Bab I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932103114_Bab II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932103114_Bab III.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932103114_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
932103114_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
932103114_Bab VI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932103114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Matakuliah Ilmu Tasawuf, Akhlak Mahasiswa Tasawuf merupakan bagian dari kajian Islam yang tidak bisa dipisahkan dari kajian islam lainnya. Seperti halnya pada kajian tauhid dan fiqih. Melihat bahwa kondisi sekarang dengan berbagai perkembangan IPTEK, tasawuf tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat saja, melainkan dunia pendidikan juga membutuhkan peranan tasawuf. Di IAIN Kediri, terdapat matakuliah ilmu tasawuf yang diberikan kepada mahasiswa PAI semester 3, memberikan jawaban dari fenomena kondisi mahasiswa saat ini. Berdasarkan wawancara dari 11 mahasiswa dan kesemuanya menyatakan bahwa banyak dari mahasiswa mengalami kemerosotan akhlak yang mempengaruhi perbuatannya, seperti pergaulan bebas, sopan santun, gaya berpakaian dan lain sebagainya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana isi materi mata kuliah ilmu tasawuf. 2). Apa tujuan dari matakuliah ilmu tasawuf. 3). Bagaimana peran mata kuliah ilmu tasawuf dalam meningkatkan akhlak mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2016 jurusan PAI tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripstif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan berperilaku yang dapat diamati yang diarahkan pada latar dan individu secara holistic (utuh). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan pengamatan, dan triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Materi matakuliah ilmu tasawuf meliputi sejarah tasawuf, pengertian tasawuf, makamat dan hal, meliputi taubat, zuhud, wara‟, faqr, syukur, sabar, ridho, tawakkal, khauf, dan raja‟, mahabbah, ma‟rifah, fana‟ baqa‟ dan ittihad,.2). Tujuan dari matakuliah ilmu tasawuf yakni menjadikan seorang hamba lebih dekat dengan Tuhannya serta terjalinnya hubungan baik dengan sesama manusia. 3). Peran matakuliah ilmu tasawuf dalam meningkatkan akhlak mahasiswa IAIN Kediri, 2016 yakni melalui maqamat dan hal serta sentuhan qalbu, kisah inspiratif dan kisah kehidupan nyata. adapun perubahan-perubahan akhlak yang dialami mahasiswa x antara lain akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama dan akhlak kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:39
Last Modified: 08 Jul 2020 03:39
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item