Upaya Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa di MTsN Tanjungtani Prambon Tahun Pelajaran 2016/2017, Pendidikan Agama Islam

TRIANINGRUM, BINTI ATIKOH (2017) Upaya Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa di MTsN Tanjungtani Prambon Tahun Pelajaran 2016/2017, Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER SKRIP_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR KONSULTASI (X)_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)

Abstract

Merosotnya tatakrama, tata pergaulan dan tata kehidupan siswa baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat merupakan salah satu masalah pendidikan yang harus dicermati dan diatasi oleh semua pihak yang peduli terhadap masa depan bangsa. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bentuk kenakalan siswa di MTsN Tanjungtani Prambon, mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kenakalan siswa di MTsN Tanjungtani Prambon, mengetahui upaya bimbingan dan konseling dalam menangani kenakalan siswa di MTsN Tanjungtani Prambon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan/kegigihan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kenakalan siswa di MTsN Tanjungtani Prambon, yaitu terlambat masuk madrasah, atribut tidak lengkap, seperti baju dikeluarkan dan tidak berpakaian rapi, tidak memakai topi saat upacara, berkuku panjang bagi putra putri, berambut panjang dan tidak rapi bagi laki-laki, tidak memperhatikan saat KBM berlangsung, membawa sepeda motor, membawa handphone ke madrasah, merokok di madrasah dan perkelahian antar siswa MTsN Tanjungtani Prambon 2) Faktor yang menyebabkan kenakalan siswa di MTsN Tanjungtani Prambon yaitu adanya problem yang belum terselesaikan di lingkungan yang banyak pengaruh negatif dari Faktor keluarga (orangtua), pengaruh teman yang kurang baik, kurangnya perhatian dari orang tuanya atau perhatian orang tua yang berlebihan, dan tontonan televisi yang kurang baik atau kurang mendidik 3) Upaya bimbingan dan konseling dalam menangani kenakalan siswa di MTsN Tanjungtani Prambon adalah dengan penanganan secara kuratif, yaitu upaya pemberian bantuan kepada siswa yang telah mengalami masalah, yaitu bekerja sama dengan orang tua atau wali murid, bekerja sama dengan guru-guru, dan menjalin hubungan yang baik dengan murid, maupun bekerja sama dengan pihak di luar sekolah, dan memberi sanksi yang mendidik, memberikan bimbingan dan konseling baik individu maupun kelompok, memberikan nasihat-nasihat atau motivasi yang bersifat mengarahkan perilaku mereka menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:48
Last Modified: 24 Jan 2019 01:48
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item