Peran Guru Dalam Menanamkan Life Skill Education pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang ) Tahun 2016/2017

HANDANI, ARINA (2017) Peran Guru Dalam Menanamkan Life Skill Education pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang ) Tahun 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_DAFTAR NAMA PESERTA DIDIK CALON PENERIMA BOSDA ke 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)

Abstract

Salah satu tugas guru dalam pendidikan adalah memberikan wawasan ilmu pada peserta didik. Life Skill Education adalah pendidikan yang pada umumnya diberikan pada anak normal. Namun di SMPLB Muhammadiyah Jombang ini menanamkan life skill pada ABK dengan salah satu tujuannya kemandirian siswa ABK. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang peran guru dalam menanamkan life skill education pada anak berkebutuhan khusus dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang, 2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang, 3) Bagaimana peran guru sebagai pelatih dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang, 4) Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan: (1). Guru sebagai pengajar menyampaikan materi sebelum ketrampilan life skill , dan menjadi fasilitator. (2). Guru sebagai pembimbing merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan waktu proses pelatihan kecakapan hidup, membimbing peserta didik ketika dalam kesulitan. (3). Guru sebagai pelatih berperan dalam membentuk keahlian dasar pada anak berkebutuhan khusus sesuai potensi masing-masing anak. (4). Faktor penghambat antara lain kondisi anak, biaya yang masih minim, stigma masyarakat. Faktor pendukung yaitu motivasi orang tua, sikap sabar guru, dan media berupa internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:06
Last Modified: 24 Jan 2019 01:06
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item