Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ski Di Mts Sunan Giri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2018/2019

Rahayu, Mita Dwi Putri (2019) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ski Di Mts Sunan Giri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100415-partbab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932100415-fullbab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Belajar adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan hidup. Dalam kehidupan ini kita dituntut agar selalu belajar dan terus belajar. Belajar merupakan proses mencari apa yang tidak diketahui menjadi tahu, apa yang tidak dimengerti menjadi mengerti. Proses mencari inilah yang sering disebut dengan gaya belajar. Mengenal gaya belajar sangatlah penting karena dengan begitu seseorang akan mudah menyerap apa yang dipelajari. Namun dalam proses belajar, setiap orang belum tentu mengetahui gaya belajar yang dominan pada dirinya. Dengan mengetahui gaya belajar yang dimilikinya seseorang akan mampu meraih hasil belajar yang maksimal sehingga mencapai prestasi yang baik. Mengingat hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa kelas VIII MTs Sunan Giri pada mata pelajar SKI serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Sunan Giri Kabupaten Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian dengan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi penelitian ini sebanyak 59 siswa kelas VIII dan pengambilan sampel pada penelitian ini mengambil semua responden dari populasi yaitu sebanyak 59. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik sampel populasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa gaya belajar siswa kelas VIII MTs Sunan Giri cenderung menggunakan gaya belajar visual, dengan persentase 88,13% dan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 86,50. Maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Giri dalam kategori sedang. Hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa gaya belajar tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Giri Kabupaten Kediri. Gaya belajar hanya memberikan kontribusi 3,4%, hal ini berarti gaya belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 23 Mar 2020 01:15
Last Modified: 23 Mar 2020 01:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item