Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Keagamaan Islam Para Siswa Melalui Nilai-Nilai KeNU-an (Studi Kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek)

Wahidin, Zubdatul (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Keagamaan Islam Para Siswa Melalui Nilai-Nilai KeNU-an (Studi Kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100114-Judul.pdf

Download (521kB)
[img] Text
932100114 - BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932100114 - BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932100114 - BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932100114 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
932100114 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
932100114 - BAB VI.pdf

Download (471kB)

Abstract

Islam adalah agama rahmatan lil alamin atau universal. Keunikan ajaran Islam adalah mampu beradaptasi ke berbagai belahan dunia yang berbeda dalam iklim dan geografisnya. Hal inilah yang mendasari organisasi NU untuk menterjemahkan islam ke budaya dan adat istiadat Indonesia sehingga bisa diterima oleh masyarakat. Oleh karena kesadaran dalam beragama membutuhkan pengajaran, maka NU membuat buku ajar ke-NU-an guna mendukung kearah tersebut. Maka dari itu peneliti mengambil judul upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan kesadaran keagamaan islam melalui nila-nilai ke-NUan para siswa (studi kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek). Fokus penelitian, 1. Bagaimana kesadaran keagamaan siswa di SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek? 2. Bagaimana upaya guru dalam menanamkan kesadaran keagamaan melalui nilai-nilai ke-NU-an? 3. Bagaimana hasil dari penanaman kesadaran keagaaman melalui nilai-nilai ke-NU-an para siswa ? Untuk mencapai tujuan penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Dari beberapa data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan dengan analisa data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengordinasikan dan mengurutkan data ke dalam pola kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Kesadaran keagamaan islam para siswa di SMK Darissulaimaniyahtermasuk dalam kategori belum matang. 2) Upaya guru dalam menanamkan kesadaran keagamaan islam adalah melalui metode problem solving, pemberian nasehat, mentaati tata tertib dan membentuk sikap siswa berdasarkan kitab ta’limul muta’allim. 3) Hasil dari penanaman kesadaaran keagamaan islam adalah mampu menghargai pendapat temannya, pola hidup siswa menjadi teratur, tumbuhnya sikap saling menghargai kepada orang lain dan siswa mampu menjadi agen perubahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 23 Mar 2020 01:10
Last Modified: 23 Mar 2020 01:10
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item