PENGARUH VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN KEDIRI

Sevtiani, Carima Dwi (2018) PENGARUH VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118214- Pra BAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932118214- BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
932118214- BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932118214- BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932118214- BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
932118214- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
932118214- BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
932118214- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK CARIMA DWI SEVTIANI, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M. Ag. dan Salma Sunaiyah, S.Ag., M.Pd., Pengaruh Variasi Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI STAIN Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci: variasi metode mengajar, motivasi belajar Variasi metode mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas dalam mengikuti pembelajaran, serta metode yang kurang bervariasi akan terasa monoton sehingga mahasiswa menjadi bosan. Untuk mengatahui pengaruh variasi metode mengajar dan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar memperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah metode mengajar dosen di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?, 2) bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri dan 3) adakah pengaruh variasi metode mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket/kuesioner serta dokumentasi. Responden penelitian terdiri atas 270 orang mahasiswa PAI angkatan 2015, 2016, dan 2017. Analisis data diawali dengan tabulasi data, uji keterbacaan, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang berisi uji F, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil variasi metode mengajar dosen 26,81 dengan standar devisiasi sebesar 3,469 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 27-32 (Baik), 2) Rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 24,00 dengan standar devisiasinya sebesar 3,193 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 20-25 (Cukup) dan 3) Variasi metode mengajar dosen berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Tarbiyah Prodi PAI sebesar 2,1% dan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar faktor yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:50
Last Modified: 19 Mar 2020 07:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item