KREATIFITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MADRASAH AR- RAHMANIYAH PATTANI - THAILAND TAHUN 2017

Muhailataini, Fathatul Matin (2018) KREATIFITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MADRASAH AR- RAHMANIYAH PATTANI - THAILAND TAHUN 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107214- PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932107214- BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932107214- BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
932107214- BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932107214- BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
932107214- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
932107214- BAB VI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932107214- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FATHATUL MATIN MUHAILATAINI, Dosen Pembimbing Salma Sunaiyah, M.Pd dan Dewi Agus Triani, M.Pd.I: Kreatifitas Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII di Madrasah Ar Rahmaniyah Pattani Thailand Tahun 2017, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci: Kreatifitas Guru, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Salah satu tantangan pendidikan Islam yang perlu dicarikan alternatif jalan keluarnya adalah mengenai persoalan berkreatifitas ketika menyampaikan materi pembelajaran. Untuk itu perlu adanya upaya dari pihak sekolah terutama guru dan khususnya guru Akidah Akhlak agar pembelajaran dapat memahamkan para peserta didik sehingga peserta didik menjadi aktif dan kreatif tanpa meninggalkan nilai moral yang sudah ada. Fokus penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kreatifitas guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak. 2) Untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat kreatifitas guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Sesuai dengan pendekatan ini kehadiran peneliti sebab peneliti adalah kunci utama untuk makna yang ada. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengkategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Dari penelitian ini dihasilkan hasil penelitian:1) Kreatifitas guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak adalah: a) Guru menerapkan sikap keteladanan b) Bermain peran c) Menonton film yang sesuai dengan materi d) Presentasi di depan kelas dan guru memberikan reward berupa point. 2) Faktor penunjang: a) Adanya kerjasama dari semua pihak sekolah b)Sumber daya guru Akidah Akhlak c) Adanya sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat: a) Latar belakang siswa b) Latar belakang pendidikan c) Kurang nya kesadaran siswa untuk disiplin d) Perbedaan kemampuan daya tangkap belajar siswa e) Pihak guru yang kurang bertanggung jawab f) Arus informasi yang semakin bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 13 Mar 2020 08:24
Last Modified: 13 Mar 2020 08:24
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item