Analisis Praktik Jual Beli Followers Instagram Pada “Ria Panel Followers” Dalam Perspektif Hukum Islam

Nur’Aida, Siti (2019) Analisis Praktik Jual Beli Followers Instagram Pada “Ria Panel Followers” Dalam Perspektif Hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931200614-full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Transaksi jual beli saat ini merupakan kegiatan manusia yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Seiring perkembangan media komunikasi dan informasi yang semakin maju, membuat kegiatan transaksi jual beli semakin bervariasi khususnya dalam perkembangan bisnis online. Salah satu bentuk transaksi yang mengalami perkembangan adalah jual beli followers disosial media instagram, saat ini semakin banyaknya para pengguna sosial media instagram dan tidak lepas dari adanya followers, membuat para penggunanya melakukan jual beli followers. Hal terebut dilakukan dengan berbagai alasan dan kepentingan, salah satunya sebagai sarana prromosi bisnis, atau untuk menaikan kepopuleran diri. Transaksi yang dilakukan cukup sederhana pembeli terlebih dahulu memesan followers yang diinginkan dengan berbagai pilihan kepada penjual dan memilih pembayaran melalui rekening atau pulsa. Kemudian penjual menjelaskan syarat dan ketentuan kepada pembeli. Setelah melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran, penjual akan memproses sesuai pesanan pembeli. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan observasi. Dalam penelitian ini sumber data terdiri dari data primer. Data ini dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa praktik jual beli followers instagram tidak sah atau batal karena merupakan jual beli yang dilarang. Sebab yang dilakukan tidak memenuhi salah satu dari beberapa syarat dalam jual beli menurut madzab Hanafi. Mengenai objek yang merupakan kepemilikan dari penjual, dan merupakan jual beli dengan jalan yang batil. Manfaat yang diperoleh hanya berupa fiktif sesuatu yang tidak nyata. Hal tersebut dapat mendatangkan kemudharatan berupa penipuan yang merugikan bagi beberapa pihak, yaitu pembeli, konsumen, dan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012701 Bai’, Tijarah (Trading)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 24 Feb 2020 01:51
Last Modified: 24 Feb 2020 01:51
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item