Penerapan Media Permainan Kartu Kata Untuk Mengembangkan Ketrampilan Membaca di MTsN Kandat

Wardati, Khusnul (2015) Penerapan Media Permainan Kartu Kata Untuk Mengembangkan Ketrampilan Membaca di MTsN Kandat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502611-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502611-bab1.pdf

Download (577kB)
[img] Text
932502611-bab2.pdf

Download (622kB)
[img] Text
932502611-bab3.pdf

Download (607kB)
[img] Text
932502611-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
932502611-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
932502611-bab6.pdf

Download (532kB)
[img] Text
932502611-daftarpustaka.pdf

Download (526kB)
[img] Text
932502611-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

تطبيق وسيلة بطاقة الكلمة لتنمية مهارة القراءة فى المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية كندات : Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan, karena media adalah alat, metode, teknik yang digunakan untuk mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran. Permainan kartu kata adalah salah satu media mengefektifkan kegiatan didalam kelas karena bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan membaca siswa yang belajar bahasa arab. Penelitian ini difokuskan pada : 1.) bagaimana langkah langkah penerapan permainan kartu kata 2.) apakah penerapan permainan kartu kata berhasil3.) apa kesulitan dalam Penelitian Tindakan Kelas.Penelitianinimerupakan PTK.Tahappenelitianberupasiklus yang meliputi:perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Teknik-teknikpengumpulandata yang digunakanyaitu: observasi; pengukuranteshasilbelajar; dandokumentasi. Dalam penerapan permainan kartu kata peneliti melakukan II tahap, tahap pertama dengan mengisi kata kosong dengan langkah berikut: 1.) guru menyuruh murid untuk membuka buku 2.) guru membaca materi tentang “alamat” 3.) murid mendengarkan penjelasan guru 4.) guru membagikan kartu kata kepada setiap murid 5.) guru menyuruh murid untuk menempelkan kartu yang mereka pegang satu persatu pada bacaan kosong di papan tulis. Tahap ke II dengan menyusun kata dengan langkah berikut : 1.) guru membagi murid menjadi beberapa kelompok 2.) guru membaca teks arab dengan judul “alamat” 3.) murid memperhatikan penjelasan guru 4.) guru memberikan kepada setiap kelompok beberapa potong kartu 5.) guru memberi waktu kepada setiap kelompok untuk menyusun kartu. Dari hasil penelitian tersebut bahwa penerapan permainan kartu kata dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa arab di MTsN Kandat dengan bukti bahwa murid: 1.) lebih memperhatikan pelajaran bahasa arab 2.) meningkatnya hasil belajar siswa dari tahap pertama adalah 47,36% sedangkan pada tahap kedua adalah 86,84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 20040903 'Ilmu al-Ashwat (Arabic Phonology and Phonetics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:49
Last Modified: 18 Feb 2020 01:49
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item