Penggunaan Media Teks Cerita Untuk Meningkatkan Maharoh Qiro`Ah Siswa MTsN Pagu Kediri

Hidayati, Khoirotul (2015) Penggunaan Media Teks Cerita Untuk Meningkatkan Maharoh Qiro`Ah Siswa MTsN Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502411-Pra BAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932502411-BAB I.pdf

Download (667kB)
[img] Text
932502411-BAB II.pdf

Download (979kB)
[img] Text
932502411-BAB III.pdf

Download (961kB)
[img] Text
932502411-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932502411-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
932502411-BAB VI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
932502411-Daftar Pustaka.pdf

Download (590kB)
[img] Text
932502411-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

إستعمال نصّ القصة فى ترقيّة مهارة القراءة فى المدرسة المتوسّطة الإسلامية الحكوميّة فاغو كديرى : Kemampuan membaca termasuk hal yang tidak mudah, terutama bagi siswa-siswi MTsN Pagu Kediri. Berdasarkan data awal, banyak siswa-siswi kelas VIII B di MTsN Pagu Kediri kemapuannya dalam membaca teks Bahasa Arab masih banyak kekurangan. Di antara fakta yang ditemukan dapat dikategorikan sebagai berikut: (1) mereka yang kurang mampu membaca teks Arab dengan benar dan fasih, (2) mampu membaca dengan teliti tetapi sangat lambat, (3) sebagian lagi bisa membaca tetapi kurang bisa memahami teks dengan baik. Berpijak pada permasalahan tersebut, peneliti mencoba mengatasinya dengan penggunaan teks cerita. Tujuannya untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam membaca teks Arab. Karena itu penelitian difokuskan pada: (1) Bagaimana cara penggunaan teks cerita dalam meningkatkan kemahiran membaca siswa, (2) Apakah teks cerita mampu meningkatkan kemahiran membaca siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari pemecahan permasalahan di atas adalah: untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa dengan menggunakan teks cerita, dan teks cerita bisa dibuktikan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks Arab. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi pra siklus dan tiga siklus. Tahapan-tahapan yang ditempuh diawali dari planning, action, observation, dan kemudian reflection. Sampel penelitiannya sebanyak 24 siswa kelas VIII B. Sedangkan instrumen penggalian data memakai lembar tes, wawancara, observasi dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media teks cerita Arab dilakukan sebagai berikut: Guru membacakan teks cerita yang bagus, singkat dan menarik, lalu siswa mengikutinya. Tanya jawab mufrodat yang sulit, guru memerintah siswa untuk membaca teks sambil memahami. Setelah itu siswa menjelaskan isi cerita sesuai dengan pemahaman mereka, dilanjutkan dengan evaluasi. Setelah itu guru menentukan hasil penilaian. (2) penggunaan teks cerita Arab dinyatakan berhasil meningkatkan kemahiran siswa kelas VIII B MTsN Pagu Kediri dalam membaca teks Arab. Penggunaan media ini memberikan dampak yang baik yang semula pada siklus 1 ada 20,8% yang lulus, siklus 2 ada 72% yang lulus, dan pada siklus 3 ada 95,83% yang lulus, sehingga penggunaan teks cerita ini dapat dinyatakan berhasil memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 20040903 'Ilmu al-Ashwat (Arabic Phonology and Phonetics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:41
Last Modified: 18 Feb 2020 01:41
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item