مشكلات في تعليم الكلام بمعهد الإسلام العصري

Setiawan, Heri (2015) مشكلات في تعليم الكلام بمعهد الإسلام العصري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501111-prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932501111-bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501111-BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501111-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501111-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932501111-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932501111-BAB VI.pdf

Download (927kB)
[img] Text
932501111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)

Abstract

Problematika pengajaran ketrampilan berbicara di pondok Al-Islam Nganjuk : Sebenarnya penerapan maharah kalam dalam pembelajaran bahasa arab di pondok modern al-islam telah berlaku sebagaimana di pondok yang lain , akan tetapi cara pembelajaranya belum di terapkan secra sempurna sehingga dalam pembelajaranya kurang maximal. Khususnya dalam pembelajaran bahasa arab setiap siswa harus rajin dalam belajar bahsa arab ketika siswa ada yang pasif atau belum menemukan guru yang cocok. jadi guru harus memiliki cara metode yang khusus mengembang tumbuh dan meningkatkan pembelajaran bahasa arab dalam ketrampilan berbicara. Dari beberapa unsur yang harus diperhatikan guru ketika akan menyampaikan materi pelajaran adalah kurikulumnya, keadaan siswa dan lain sebagainya. Di dalam Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab ada beberapa Metode dan Srategi pembelajaran, di antaranya adalah pembelajaran keterampilan berbicara Di antara beberapa keterampilan, keterampilan berbicara adalah keterampilan terakhir yang diajarkan setelah keterampilan-keterampilan lainnya. dan rumusan masa;lahnya adalah sebagai berikut 1. Bagaimana pengajaran maharah kalam di pondok modern al-islam ? 2. Apa saja problematika yang di hadapi siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa arab, 3. Solusi apa sajakah yang di lahkukan guru dan siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapinya ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, Dan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggukan alat pengumpulan data sebagai berikut : wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian Sebagai berikut: Kesulitannya ada tiga poin penting, Guru, Siswa, Sarana: 1) lemah dalam perencanaan pembelajaran dan materi, serta kurang menguasai berbagai metode pembelajaran, 2) lemah dalam proses belajar Menulis, serta kurang dalam unsur kebahasaannya. 3) kurangnya sarana pembelajaran. Dan Solusinya ada tiga poin penting, Guru, Siswa, Madrasah: 1) Memberikan Perhatian Yang lebih Kepada Siswa 2) Meningkatkan Perencanaan Pembelajaran dan Materi 3) Siswa Membantu Kepada Murid lain dalam Belajar, dan Meningkatkan Kemampuannya 4) Menambahkan Buku Referensi, Sumber Data, Sarana, dan Waktu Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040903 'Ilmu al-Ashwat (Arabic Phonology and Phonetics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:16
Last Modified: 13 Feb 2020 08:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item