Strategi Pembelajaran Ilmu Tasawuf Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri Di Pondok Pesantren Tegal Arum Kertosono Nganjuk jawa Timur

Fauzi, Teguh (2015) Strategi Pembelajaran Ilmu Tasawuf Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri Di Pondok Pesantren Tegal Arum Kertosono Nganjuk jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116411-prabab.pdf

Download (644kB)
[img] Text
932116411-bab1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932116411-bab2.pdf

Download (696kB)
[img] Text
932116411-bab3.pdf

Download (411kB)
[img] Text
932116411-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
932116411-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
932116411-bab6.pdf

Download (198kB)
[img] Text
932116411-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932116411-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Strategi merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Terlebih terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimah siswa (santri). Dalam proses pembinaan akhlakul karimah santri, seorang guru (mursyid) dalam penyampaian materi agamapun harus memiliki strategi yang tepat. Secara sederhana strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik (santri) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Karena dengan adanya strategi pembelajaran maka pembinaan akhlakul karimah santri mampu berjalan dengan baik dan maksimal dengan demikian pembentukan akhlak itu melalui proses pembelajaran yang cukup panjang, dalam tasawuf dikenal berupa latihan (riyadlah) dengan sungguhsungguh (mujahadah). Penulis menjadikan pondok pesantren al-mustofa sebagai objek adalah dalam pembelajaran yang diterapkan di dalam pondok adalah ilmu tasawuf dan itu memiliki kesamaan dengan pondok pesantren jampes yang ada di kediri yang terkenal dengan ilmu tasawufnya. Berangakat dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “Strategi Pembelajaran Ilmu Tasawuf Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Santri Di Pondok Pesantren Al-Mustofa Tegal Arum Kertosono Nganjuk.” Fokus penelitian ini adalah a) Bagaimana akhlak para santri di pondok pesantren al-musthofa? b) Apa saja strategi pembelajaran ilmu tasawuf dalam membentuk akhlakul karimah terhadap santri di pondok pesantren al-musthofa? c) Bagaimana respon santri terhadap pembelajaran ilmu tasawuf? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah a) Untuk mengetahui akhlak para santri di pondok pesantren al-musthofa. b) Untuk mengetahui strategi pembejaran ilmu tasawuf dalam membentuk akhlakul karimah terhadap santri di pondok pesantren al-musthofa. c) Untuk mengetahui respon santri terhadap pembelajaran ilmu tasawuf. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif dan dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat sebenarnya. Dari penelitian ini dapat diperoleh akhlak para santri di dalam pondok tersebut berakhlak baik (mahmudah). Strategi di pondok pesantren al-musthofa menggunakan istilah 3 T ( takhalli, tahalli dan tajalli). Dengan strategi pembelajaran ilmu tasawufnya untuk takhalli menggunakan uswatun hasanah, pengajian dengan metode bandongan, sorogan, dan ceramah. Untuk tahalli strateginya menggunakan dzikir sehingga dengan tahapan-tahapan tersebut mendapat nur dari Allah yaitu tajalli. Respon santri terhadap pembelajaran ilmu tasawuf santri akan mengalami kesejahteraan terhadap dirinya secara batiniah. Hal tersebut dibuktikan dengan keadaan mereka yang semakin bersyukur atas apa yang ada dalam diri mereka kekurangan maupun kelebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:43
Last Modified: 24 Jan 2020 03:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item