Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri

Rizka, Fitrotur (2015) Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114008-prabab.pdf

Download (685kB)
[img] Text
932114008-bab1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932114008-bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932114008-bab3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932114008-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
932114008-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
932114008-bab6.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932114008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] Text
932114008-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah kekuatan yang berasal dari seseorang yang mendorong seseorang tersebut untuk melakukan kegiatan belajar demi mencapai tujuan pembelajaran dan merupakan penentu sikap individu dalam bertingkah laku, artinya apabila individu cenderung berfikir akan berhasil, maka hal ini merupakan kekuatan atau dorongan yang akan membuat individu menuju kesuksesan. Motivasi belajar juga memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan gairah, semangat, rasa senang dalam belajar. Sehingga siswa yang mempunyai motivasi yang tinggi, memiliki energi yang banyak dan memiliki semangat yang menggebu-gebu, maka sedikit pula kesalahan yang dilakukan siswa dalam belajar. Prestasi belajar adalah hasil dari suatu kegiatan yang dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun kelompok. Atas dasar ini, maka dilakukan penelitian tentang Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana motivasi belajar siswa di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? 2. Bagaimana prestasi belajar siswa di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? 3. Bagaimana signifikasi hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 338 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 172 siswa, instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu perhitungan hasil angket tentang motivasi belajar diperoleh hasil nilai mean (rata-rata) sebesar 128,82 yang dapat digolongkan tinggi. Prestasi belajar siswa diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 86,02 yang dapat dikategorikan baik sekali. Dan koefiensi korelasi antara hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar sebesar 0,338 adalah signifikan, sehingga didapatkan koefisien determinasi sebesar 0,11. Hal ini berarti pada variabel prestasi belajar 11,42% ditentukan oleh variabel motivasi belajar. Jadi, pada penelitian ini ada hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:05
Last Modified: 31 Dec 2019 02:05
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item