Implementasi Metode SAVI Untuk Meningkatkan Pemahaman Buku Teks PAI (Materi Praktik Ekonomi Islam) Siswa Kelas XI MIA-1 Di SMAN 1 Gurah Tahun 2015

Izzatullaili, Nur Hamidah (2015) Implementasi Metode SAVI Untuk Meningkatkan Pemahaman Buku Teks PAI (Materi Praktik Ekonomi Islam) Siswa Kelas XI MIA-1 Di SMAN 1 Gurah Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113711-pra-bab.pdf

Download (945kB)
[img] Text
932113711-bab1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
932113711-bab2.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932113711-bab3.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932113711-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
932113711-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
932113711-bab6.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932113711-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932113711-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tingkat pemahaman setiap siswa berbeda-beda. Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) bertujuan untuk membentuk pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Metode SAVI memang sangat mendukung pada peningkatan pelaksanaan pembelajaran PAI tentang praktik ekonomi Islam. Dengan adanya metode SAVI, pembelajaran agama Islam di sekolah dapat dilakukan secara aktif dan menyenangkan, karena SAVI adalah salah satu dari strategi pembelajaran yang mengupayakan belajar dengan memanfaatkan empat unsur panca indera yakni belajar dengan bergerak (Somatis), belajar dengan mendengarkan (Auditori), belajar dengan melihat (Visual), dan belajar dengan berfikir (Intelektual). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi metode SAVI untuk meningkatkan pemahaman buku teks PAI (materi praktik ekonomi Islam) siswa kelas XI MIA-1 di SMAN 1 Gurah tahun 2015, 2) peningkatan pemahaman buku teks PAI (materi praktik ekonomi Islam) siswa kelas XI MIA-1 di SMAN 1 Gurah tahun 2015 setelah metode SAVI diterapkan. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian classroom action research atau penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes tulis. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan pemahaman siswa antara pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode SAVI dapat meningkatkan pemahaman siswa. Ini terbukti berdasarkan nilai rata-rata siswa dari tes yang dilakukan di setiap akhir siklus dalam pra siklus perolehan nilai ratarata sebesar 75,61 dengan ketuntasan belajar sebesar 53%, pada siklus I meningkat menjadi 79,32 dengan ketuntasan belajar sebesar 65%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,91 dengan perolehan ketuntasan belajar sebesar 88%. Dengan indikator pemahaman yakni penterjemahan, penafsiran dan ekstrapolasi. Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat mengambil manfaat sebagai bekal untuk mengajar diantaranya penerapan metode yang mengantarkan siswanya untuk memiliki pemahaman terhadap pengetahuan. Peneliti juga memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru PAI untuk merealisasikan metode SAVI, guru harus secara konsisten menerapkan metode SAVI dalam materi yang sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:59
Last Modified: 31 Dec 2019 01:59
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item