Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMKN 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015

Asmawiyah, Ismi'ul (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMKN 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113011-prabab.pdf

Download (703kB)
[img] Text
932113011-bab1.pdf

Download (521kB)
[img] Text
932113011-bab2.pdf

Download (573kB)
[img] Text
932113011-bab3.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932113011-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
932113011-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
932113011-bab6.pdf

Download (261kB)
[img] Text
932113011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932113011-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)

Abstract

Mewujudkan manusia yang mempunyai sikap religius adalah tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Di samping itu, pendidikan adalah wahana untuk mencetak generasi muda yang sangat penting bagi masa depan Negeri ini. Tanpa ada pendidikan yang baik dan berkualitas, tentu negeri ini akan terancam karena anak mudanya dididik secara sembarangan dan tidak sesuai dengan nafas kemajuan zaman. Dan yang dibutuhkan sekarang adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mampu memberikan filter terhadap nilai-nilai mana yang boleh diambil dan tidak boleh diambil, sehingga dengan demikian Pendidikan Agama Islam yang dilakukan mampu mewujudkan tujuan secara optimal. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui tingkat religiusitas siswa di SMKN 2 Kediri dari dimensi keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama, dan pengamalan. 2) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMKN 2 Kediri dari dimensi keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama, dan pengamalan. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan religiusitas siswa di SMKN 2 Kediri dari dimensi keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama3, dan pengamalan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Religiusitas siswa di SMKN 2 Kediri diketahui baik hal ini dapat ditunjukkan dari perilaku siswa seperti mengucapkan salam, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, melaksanakan sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, berhubungan baik dengan guru dan temannya, kebiasaan membaca al-Qur’an di kelas, siswa berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, dan nilai siswa memenuhi standar KKM yang ditetapkan sekolah. 2) Upaya guru PAI meningkatkan religiusitas siswa SMKN 2 Kediri dengan pembiasaan, pemberian contoh atau teladan, memberi motivasi dengan cerita, memberikan reward atau ganjaran, mengajak siswa melakukan kegiatan keagamaan, memberi hukuman. 3) Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah adanya kesadaran dari siswa, adanya kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa, adanya dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah alokasi waktu PAI kurang dan sarana dan prasarana yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:32
Last Modified: 31 Dec 2019 01:32
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item